23/12/2023

Digital MIndset

Digital Mindset

Digital mindset adalah pola pikir untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital yang tersedia. Itu artinya, seseorang yang memiliki digital mindset tidak hanya mengetahui apa saja atau cara menggunakan sebuah teknologi digital. Lebih dari itu, seseorang dengan digital mindset memahami potensi dan manfaat yang akan diperoleh dengan menggunakan teknologi tersebut untuk meningkatkan produktivitas, membantu operasional, maupun aspek-aspek lain dalam aktivitasnya.

Revolusi Industri 4.0 telah menjadi wacana publik, seiring dengan transformasi proses bisnis yang cepat ke arah ekonomi digital. Indonesia menjadi salah satu target pasar yang menjanjikan dengan populasi penduduk yang banyak. Disrupsi teknologi bukan hanya ‘memaksa’ transformasi model bisnis seperti penggunaan platform e-commerce. Melalui e-commerce, segala aktivitas transaksi jual-beli barang, promosi, dan pembayaran dilakukan dengan menggunakan elektronik yang terhubung dengan internet. 

Disrupsi teknologi digital juga berdampak pada pengelolaan pemerintahan. Pemerintah melakukan upaya menghadapi guncangan transformasi digital dengan gerakan 100 Smart City. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan kegiatan "Gerakan Menuju 100 Smart City" yang telah dimulai sejak tahun 2017. Kabupaten/kota yang telah menjalankan Program Smart City diharapkan dapat menjadi teladan (role model) dalam menghadapi dan mengimplementasikan transformasi digital pada instansi pemerintah dalam skala yang luas dan menjaring ke setiap daerah.

Di era disrupsi ini, para pakar Teknologi Informasi mengutarakan tiga konsep utama tentang perkembangan dunia usaha di era digital. Ketiga hal tersebut adalah digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital. Digititasi adalah proses perubahan dari bentuk analog ke digital, digitalisasi merujuk pada perubahan proses bisnis konvensional ke proses digital, sedangkan transformasi digital pada institusi terjadi jika ia menggunakan kemajuan teknologi membuat model bisnis baru. Tranformasi digtal pada sektor pemerintahan diaplikasikan melalui kebijakan Smart City.

When digital is done right, it’s like a caterpillar turning into a butterfly, but when done wrong, all you have is a really fast caterpillar George Westerman, MIT Sloan

Key Components of Digital Mindset

Sumber Gambar: https://www.leadershipmindsetpartners.com/digital-mindset-program

0 comments: