16/08/2023

MAHASISWA 3K : KRITIS-KONKRET-KONSTRUKTIF


Indikator keberhasilan mahasiswa dari ospek hingga tamat adalah generasi yang bercita-cita menjadi guru, dosen, karyawan dan lain-lain sekaligus tidak bermental ‘Krupuk’ dan berpikiran ala ‘Roti”
(Alamyin)

Panitia PKKMB FEB UNM mengalokasikan waktu 30 menit untuk 8 Kaprodi menyampaikan sambutan. Yaaaa jadinya seperti upacara sambutan deeh. Panitia mengajarkan bagaimana manajemen waktu yang singkat, padat, dan asik. 



Yaaa... Kerap keterbatasan membuat adrenalin bekerja secara powerful. Video di atas, yang videonya dibuat dengan menggunakan aplikasi jendela Power Point. Dan orang mengira dibuat menggunakan vidoe editor canggih. No.... aplikasi sejuta umat, Power Point.

Mengapa mesti membuat presentase? 

Pernah membaca dan mendengar tentang 3 tipe manusia. #1. orang yang membicarakan orang (kasta manusia rendahan), #2. orang yang membicarakan peristiwa (kasta menengah), dan #3. Orang yang membicarakan ide-ide. 

Nah, sambutan 3 menit ini karena momennya istimewa, semua mahasiswa hadir, semua civitas akademika hadir, maka pilihanku IDE apa yang bagus. Nah, lahirlah PAPPASANG 3 ON 3.



Pikirku sebelum membuat presentase,, daripada berbusa-busa ketiak bicara hanya di dengar saat itu saja. Mending membuat persentasenya lalu dibantu audionya oleh Youtube Studio. 

3 PESAN PENTING buat diriku sendiri. Kalau mahasiswa UNM yang jumlahnya 11.950 mahasiswi(a) mau mendengar, hendak mempertanyakan isinya, silakan. 

Saya membayangkan 11 Ribuan mahasiswa di jalanan mengekspresikan kebebasan berpikirnya, WOW LUAR BIASA.  Era Digital mungkin Gerakan Mahasiswa juga berubah atau gimana yaah? kurang update saya. 

Upaya untuk berkontribusi agar mahasiswa tetap Kritis, Konkret dan Kosntruktif dapat didesain secara integratif dengan kegiatan-kegiatan di Program Studi yang bisa diawali dengan membuat Visi strategis. 

Adapun Visi Prodi Bisnis Digital adalah Membangun Ekosistem Bisnis Digital yang Berbasis Kearifan Global dan Berorientasi Global.  Dapat disimak lebih detail di website Prodi Bisnis Digital UNM. Mimpi besar ii dimulai dengan melakukan perubahan pada model organisasi kemahasiswaan dengan mengubah fokus dan lokus bidang-bidangnya.

Bidang-bidang di HIMA BISDIG UNM disesuaikan dengan Profil Lulusan Program Studi. Mereka menyebutnya ekosistem. Terdapat 5 ekosistem
1. Ekosistem data Analyst
2. Ekosistem Desain dan Videografi
3. Ekosistem Saham dan Kripto
4. Ekosistem Kewirausahaan
5. Ekosistem Humaniora

Ada momen dimana mahasiswa isdig ditanya oleh mahasiswa prodi lain. Mengapa tidak ada bidang Perkaderan? mengapa tidak ada bidang Advokasi? dst.... Jawaban mahasiswa lumayan menohok mahasiswa senior itu. Apa Jawabannya? 

Sebuah Ekosistem tentu kaya dengan berbagai unsur yang saling berinteraksi. Setidaknya pentahelix memeberikan panduan bagaimana Universitas, Perusahaan, Masyarakat, dan Pemerintah dapat bekerjasama dan atau berkolaborasi mewujudkan hal-hal baik sesuai cita-cita luhur pendiri Bangsa.

Mahasiswa sebagai input dalam rantai nilai proses penjapaian tersebut, perlu didik sebaik-baiknya. Nalarnya, daya pikir dan kritisnya, emosionalnya dan etiknya.

Mahasiswa 2023 adalah angkatan ke-4 di Prodi ini. Harapan kami, mahasiswa ini bukan hanya bercita-cita menjadi 'tukang' tetapi menjadi 'desainer', Thinker, dan 'Pejuang ide-ide yang baik untuk semesta' :)

Ada dua tulisan tentang dunia kemahasiswaan yang pernah tayang di blog ini:




Untuk bisa mewujudkan itu, mahasiswa semestinya memiliki karakter ILMUAN, yaitu rasa ingin tahu yang tinggi. Lalu, mampu menyerap KARAKTER BUDAYAWAN yang peduli pada lingkungan sekitarnya dan mengekspresikannya secara indah, jujur dan berseni. Terakhir adalah MORALIS, di sini sebagai mahasiswa yang juga manusia memiliki upaya untuk menginteriorisasi atau mengamalkan nilai-nilai baik dan mempromosikannya agar ditauladani. 

Pada sesi video terakhir ada 3K. Bagian penting dalam menyampaikan aspirasi aka DEMO 😁. Sampaikanlah KRITIK dengan KONKRET, ada upaya KONSTRUKTIF,  dan disampaikan dengan penuh KASIH SAYANG. 


Berikut salah satau artikel menarik yang layak dibaca oleh mahasiswa baru. Apalagi Prodi Bisnis Digtal mengkampanyekan pentingnya POLYMATH, Apa itu Polymath?

Saya pertama kali mengenal Leonardo da Vinci sebagai pelukis Mona Lisa. Hingga di kemudian hari, saya menemui fakta bahwa Leonardo da Vinci bukan hanya seorang pelukis, melainkan juga seorang ilmuwan anatomi, fisiologi, bahkan fisikawan yang tak terbatas pula pada penemuan-penemuan praktis. Pada saat itulah saya membayangkan diri saya di masa depan menjadi seorang seperti Leonardo, seorang polymath.

Etimologi dari polymath merujuk pada bahasa Yunani polumathes yang berarti “yang telah belajar banyak” atau “udah belajar banget, lah”. Merriam-Webster mendefinisikan polymath sebagai seorang pembelajar ensiklopedik, sementara Oxford mendefinisikan ini sebagai orang dengan pengetahuan atau pembelajaran yang luas.

Selengkapnya silakan dibaca di sini

#Merdekalah Pikiran #Damailah Hati
# Success in Harmony

Link Video : https://youtu.be/z19SOmLBsgY

0 comments: