02/04/2018

Bahan Ajar #ep FE UNM

Bahan Ajar Ekonomi Pembangunan


Sejak pertama kali mengajar di Ekonomi Pembangunan FE UNM Makassar,  saya senantiasa berupaya menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada proses dialogis. Berdasarkan pengalaman yang diperoleh di organisasi nirlaba dan eksternal kampus, saya meyakini bahwa pembelajaran yang menarik jika mahasiswa memahami manfaat suatu pelajaran. dalam istilah Hernowo AMBAG "apa manfaatnya bagiku", Awalnya saya menerapkan model pembelajaran apresiatif dan kolaboratif, yang memosisikan mahasiswa sebagai subjek pembelajaran dan mempunyai aset positif untuk dikembangkan.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin memudahkan menerapkan pembelajaran yang berbasis pada mahasiswa. Dengan memanfaatkan film pendek motivatif  seperti: (The Tree-India),  video pendek TedX (Rita Pierson tentang Pendidikan), dan iklan kreatif (Heineken), dan Iklan Volkswagen "Theory of Fun" yang menginspirasi. Hal tersebut efektif memberikan wawasan dan pemahaman pada mahasiswa bahwa sumber belajar dan media belajar sangat luas dan beragam.  Bahkan materi kuliah atau diskusi yang alot dalam proses belajar sering kali mereka diskusikan sampai di luar kelas, ketika jam pelajaran selesai. 

Meskipun bahan ajar relatif mudah diperoleh, namun akan lebih baik apabila bahan tersebut terintegrasi dengan tujuan pembelajaran. Adapun beberapa bahan ajar yang pernah kami susun, dapat didownload pada link berikut:
Bahan di atas sebagai pemantik pembelajaran dan akan di update secara berkala sesuai perkembangan dan dinamika pembelajaran.

Sumber Gambar: nmbu.no

Sincerely alamyin
 

0 comments: