10/04/2012

Rumah baru dan onde-onde

Rumah baru dan onde-onde.Tepat pada hari  Selasa, 10 April 2012. Alamyin menempati rumah baru di www.alamyin.com, sebelumnya di rumah lama http://alamyin.blogspot.com, Apa arti angka 10, bulan 4, dan tahun 2012 untuk alamyin.com.
Sejak SD nilai 10 adalah nilai sempurna, satu-satunya yang selalu saya ingat adalah saya memperoleh nilai matematika 10 pada saat pembagian rapor, namun nilai kesenian yang pas-pasan :).  Dari dahulu kala nomor punggung 10 sering diberikan kepada striker utama, hingga kini nomor punggung 10 juga kerap dipakai oleh bomber berbahaya klub-klub bola papan atas, misalnya mezut Ozil (hala Madrid), L. Messi (Barca) dan tentunya Robin Van Persie (Arsenal) dan lain-lain. Angka 10 juga merupakan rangking tertinggi dalam penghitunga PR (pageRank) website/site, dan masih banyak lagi keunikan angka 10.

Lalu apa keunikan bulan empat dalam Rumah baru dan onde-onde ?
Ternyata ada beberapa keunikan lain dari bulan April selain hanya sekedar sebagai bulan keempat, diantaranya:
  • Hari pertama pada bulan April selalu sama dengan hari pertama bulan Juli setiap tahunnya.
  • Pada tahun kabisat, hari pertama bulan April selalu sama dengan hari pertama bulan Januari.
  • Hari terakhir bulan April selalu sama dengan hari terakhir bulan Desember pada setiap tahun.
  • April terkait dengan Musim Semi di belahan bumi utara dan Musism Gugur di belahan bumi selatan.
  • Di negara barat tanggal 1 April diperingati sebagai “Hari Penipuan(April Fools Day) atau April Mop dimana pada hari itu setiap orang boleh menipu orang lain sebagai lelucon. :) .  
Bulan April, sekaligus sebagai bulan ke-4 penanggalan masehi. Sebuah 'kebetulan' pagi ini sebelum berangkat ke 'kampus", sempat membaca 'mutiara hikmah Imam Ali dalam ebook Nahjul Balaghah. kutipannya seperti berikut:

Amirul Mukminin (as) berkata kepada putranya Hasan: Wahai anakku, pelajarilah empat hal dan empat hal (selanjutnya) dari saya, tak ada yang akan memudaratkan Anda apabila Anda melaksanakannya. Bahwa kekayaan yang termahal adalah kecerdasan, kehancuran terbesar adalah kebodohan; keliaran yang paling liar adalah kesombongan, dan prestasi yang terbaik adalah kebaikan akhlak.

Wahai anakku, Anda harus mengelak dari bersahabat dengan orang bodoh (tolol) karena ia mungkin berniat untuk memberi manfaat kepada Anda tetapi ia merugikan Anda; Anda harus mengelak dari bersahabat dengan orang kikir karena ia akan melarikan diri dari Anda ketika Anda paling memerlukannya; Anda harus mengelak bersahabat dengan pendosa kerana ia akan menjual Anda dengan Cuma-Cuma; dan Anda harus mengelak dari bersahabat dengan pembohong karena ia adalah seperti bayangan khayali, membuat Anda merasakan sesuatu yang jauh seperti dekat dan sesuatu (barang) yang dekat seperti jauh.

Semoga, saran Imam Ali di atas bisa mensubtitusi onde-onde sebagai tanda kebahagian dan doa atas perayaan masuk Rumah baru yang sudah menjadi tradisi orang bugis-makassar dan mungkin bagi daerah lainnya.

Lalu, bagaimana dengan 2012. Berhubung karena masuk Rumah baru, maka ramalan suku maya diabaikan :).

Beberapa bulan lalu, menjelang pergantian tahun 2011-2012, banyak blogger dan komunitas mempublish dan mendiskusikan tentang Tahun 2012. ada yang menulis seperti ini, Ternyata bukan hanya tahun 2011 ?yang penuh keberuntungan. Boleh di cek hal ini hanya terjadi setiap 823 thn. Tahun 2012 disebut "Kantong Uang" berdasarkan Feng Shui di China. Menarik kan ?hmmmm $$ tahun 2012, kita menemui 5 angka yang unik yaitu :

12.1.12, 1.2.12, 12.2.12, 1.12.12 & 12.12.12

satu lagi, plat nomor alamyin DD 2212 AF :) .....

Dan bukan hanya itu 
Misalkan Ambil 2 digit terakhir dari thn kelahiran Anda, lalu ditambah usia Anda di tahun ini. Hasilnya 112
misalnya alam lahir tahun 1989 berarti umurnya di tahun 2012 adalah 23 jadi
89+23 = 112. coba dengan tahun lahir dan usia Anda di tahun 2012. Apakah hasilnya sama ??

Selamat memasuki rumah baru semoga @alamyin bisa meng-inspirasi penghuni rumha yang lain :)

0 comments: