11/06/2012

Proposal Penelitian Ekonomi

Proposal Penelitian Ekonomi. Pada umumnya dalam presentase proposal penelitian atau ujian skripsi/ tesis dan sebagainya, hal yang paling utama dan urgen ditanyakan adalah "MASALAH PENELITIAN". Penelitian yang baik adalah yang masalahnya dikemukakan dengan sejelas mungkin. Masalah penelitian hanya dapat ditemukan jika peneliti mengetahui "kenapa masalah tersebut penting diteliti". JIka calon peneliti/ mahasiswa berhasil medefinisikan masalah penelitian dengan baik, maka bisa dikatakan, ia telah berhasil separuh dalam penelitian. Menyusun proposal bukanlah proses instan. Oleh karena itu, Contoh pembuatan proposal ini adalah pengalaman mengikuti mata kuliah metodologi penelitian, yang akan disajikan dalam site alamyin.com tidak dengan instan. Postingan sebelumnya tentang "Contoh Proposal Penelitian" menguraikan tentang tahapan-tahapan pembuatan proposal dan link download contoh proposal penelitian ekonomi. Kenapa ekonomi, karena bidang keilmuan saya ekonomi :).

Uraian berikut ini mengemukakan tentang Beberapa fenomena Mengapa Investasi Human Capital penting untuk diteliti:
  • Enam puluh tujuh tahun Indonesia telah merdeka, namun kemajuannya tidak seperti negara-negara yang baru merdeka setelahnya seperti Singapura, Malaysia, bahkan dahulu warga Malaysia banyak belajar di Indonesia, Namun sekarang Indonesia harus mengimpor tenaga ahli dari Malaysia. Mengapa Malaysia bisa lebih maju daripada Indonesia. Adakah masalah dengan strategi pembangunan Indonesia ?.
  • Pertumbuhan ekonomi 2008 dari tiga negara di asia masing-masing China 9 %, India 7,3% dan Indonesia 6,1% , perbedaan pertumbuhan ini karena besaran kontribusi investasi Human Capital.
  • Studi yang dilakukan Dale Jorgenson et al. (1987) pada ekonomi Amerika Serikat dengan rentang waktu 1948-1979 menunjukkan bahwa 46 persen pertumbuhan ekonomi disebabkan pembentukan modal (capital formation), 31 persen disebabkan pertumbuhan tenaga kerja dan modal manusia serta 24 persen disebabkan kemajuan teknologi.
  • Penelitian di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa perubahan GNP bukan semata-mata oleh adanya perkembangan tenaga kerja dan modal, akan tetapi dari faktor residual, yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia dari faktor produksi. Dimana peningkatan tersebut dapat dicapai dengan riset dan pengambangan.
  • Jika dilihat dari besarnya investasi di bidang riset dan pengembangan, kondisi Indonesia tidak lebih baik dibanding China dan Singapura. Anggaran untuk riset dan pengembangan Indonesia jauh lebih kecil. Demikian juga dari besarnya investasi pendidikan yang dilakukan di luar negeri. Singapura yang berpenduduk tidak sampai setengah penduduk Jakarta, mengirim mahasiswa ke AS hampir setengah jumlah mahasiswa Indonesia di AS. Data menunjukkan sekitar 60% tenaga kerja Singapura adalah lulusan perguruan tinggi sedangkan Indonesia hanya pada kisaran 1,9 % dari jumlah penduduknya.
  • Human Capital (HC) berkontribusi langsung pada penciptaan kekayaan nasional. Semakin tinggi rata-rata tingkat keterampilan dan pengetahuan, semakin mudah bagi individu dalam usia kerja untuk memahami, menerapkan dan mendapatkan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya meningkatkan standar hidup bangsa.
Contoh Proposal Penelitian Ekonomi : Download Here
Semoga bermakna, Keep share and relax :)

0 comments: